WhatsApp Image 2024-02-29 at 09.29.52

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Di Kecamatan Sampanahan Tahun 2024 Dalam Rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Kotabaru Tahun 2025

Gunung Batu Besar – Selasa, 27 Februari 2024 telah dilaksanakan acara Musrenbang di Kecamatan Sampanahan yang dilaksanakan di Kantor Camat Sampanahan. Acara ini dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Perangkat Kec Sampanahan, Perangkat Desa Se-Kec Sampanahan, FORKOPINCAM, BAPPEDA, Dinas Perikanan, Dinas PERKIMTAN, Dinas PUPR, Dinas Pendidikan, PT Perkebunan Nusantara IV, KUA Kecamatan Sampanahan.

Acara dibuka resmi oleh Camat Kecamatan Sampanahan Bapak Juhaini, S.Sos M.Hum bersamaan dengan sambutan dari Bapak Camat. Bapak Camat meminta pembakal-pembakal dapat menentukan skala prioritas usulan pembangunan yang baik untuk kebutuhan warganya masing-masing. Beliau juga menambahkan bahwa Kegiatan pada 2023 sudah ter-realisasi ada 21 kegiatan, sementara kegiatan di tahun 2024 juga sudah banyak berjalan serta ditindak lanjuti dan tahun 2025 ini ada sekitar 152 usulan dari 10 desa. Dilanjutkan pembacaan doa oleh perwakilan dari KUA Kecamatan Sampanahan.

Dilanjutkan dengan sambutan Bapak Bupati Kotabaru disampaikan oleh Bapak Johanuddin, S.Pd., MM selaku Staf Ahli Bidang Ekonomi, Bapak Bupati Kotabaru menginginkan partisipasi aktif masyarakat pada acara musrenbang ini, Bapak Bupati juga mengatakan mari fokus pada penuntasan kemiskinan, fokus pada peningkatan pendidikan, dan peningkatan pelayanan serta fasilitas di sektor kesehatan. Bapak Bupati Kotabaru juga ingin masyarakat dapat memprioritaskan pembangunan infrastruktur mana yang sekarang ini sangat prioritas bagi kebutuhan masyarakat di kecamatan sampanahan ini. 

Adapun Sambutan kepala BAPPEDA sekalian Pemaparan Ranwal RKPD Tahun 2025 dari BAPPEDA, yang disampaikan oleh Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan yaitu Ibu Herlina, S.E. Berharap masyarakat kecamatan sampanahan dapat mengawal dan mensinkronkan usulan reses DPRD dengan usulan musrenbang. Beliau juga mengingatkan Kepala Sekolah yang berhadir untuk Sistem ketuntasan dapodik harus benar-benar diperhatikan agar dapat dengan mudah mengurus DAK pada sekolah sekolah pada Kecamatan Sampanahan. Untuk usulan-usulan yang salah bisa di inventarisasi atau didata dulu nanti akan dibukakan lagi aplikasi SIPD agar dapat mengusulkan lagi atau memperbaiki usulan yang salah.

Lalu acara dilanjutkan dengan diskusi dan sinkronisasi antara masyarakat dengan SKPD di moderatori oleh Kasi Pelayanan Kecamatan Sampanahan Bapak Bambang Eradhni, S.Pd. Setelah itu Ibu Herlina,S.E menyampaikan bahwa nanti aplikasi akan dibuka lagi untuk usulan yang salah dan usulan yang belum sempat masuk di mohon pastikan masuknya nanti saat penginputan memakai user desa atau dengan user kecamatan biar di bantu oleh kecamatan, jadi diharapkan tidak tidak terdouble masuk usulannya. serta mengharapkan puskesmas di tahun depan dapat mandiri dalam pengelolaan keuangannya agar dapat mempermudah pelayanan terhadap masyarakat. Disukusi di tutup oleh moderator dan Acara secara resmi di tutup oleh Pembawa acara Ibu Jamillah selaku salah satu perangkat Kecamatan Sampanahan.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *