WhatsApp Image 2024-02-29 at 21.08.31_54b947f8

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Di Kecamatan Pamukan Barat 2024 Dalam Rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Kotabaru Tahun 2025

Pada Senin, 26 Februari 2024 diadakan acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Di Kecamatan Pamukan Barat 2024 Dalam Rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Kotabaru Tahun 2025. Acara dibuka dan dimulai dengan Sambutan Camat Pamukan Barat Bapak M Octo Brahma Yogayana, S.STP.

Adapun Sambutan dari Bapak Drs. H. Said Akhmad, MM selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru , Pa Sekda mengatakan Kecamatan Pamukan Barat adalah salah satu kecamatan yang sangat penting untuk saat ini diperhatikan karena akan menjadi daerah penyangga IKN, beliau mengharapkan fasilitas di kecamatan pamukan barat ini harus lengkap. Sesuai visi misi Bapak Bupati yaitu Kecamatan Pamukan Barat harus menyiapkan wilayah-wilayah untuk wisata agar bisa menghidupkan wilayah atau desanya dengan melalui bumdes. Pak Sekda menambahkan juga untuk CSR merupakan salah satu kewajiban bagi perusahaan, perusahaan yang bekerja di wilayah itu harus sinkron dengan warga/masyarakat daerah perusahaan bekerja, sehingga tau CSR apa yg paling dibutuhkan di daerah wilayah perusahaan itu bekerja. Pak Sekda mengingatkan juga untuk yang bersifat hibah harus selalu siap dulu proposalnya, untuk tempat ibadah sebenarnya bisa juga hibah dari provinsi tidak hanya dari kabupaten dan yg penting proposal ditandatangani oleh pengurus masjid. Mengatakan bahwa posyandu adalah ujung tombak kesehatan di desa karena dari posyandu ibu-ibu yang sedang hamil atau ingin melahirkan serta anak-anak balita akan diurusi dengan benar-benar untuk mencegah stunting terutamanya, jadi sangat bisa kalo ingin mengusulkan usulan kelengkapan fasilitas untuk posyandu agar masyarakat bisa menjadi sehat serta mencegah stunting untuk anak-anak. Terakhir sekaligus membuka acara musrenbang Kecamatan Pamukan Barat dan dilanjutkan doa bersama oleh perwakilan Kantor Urusan Agama Pamuka Barat.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan oleh-oleh dari masyarakat Kecamatan Pamukan Barat untuk tamu undangan berupa olahan jahe asli dari Kelompok Usaha yang ada di Kecamatan Pamukan Barat. Adapun Penampilan Tarian Tradisional Bujang Ganong yang di tampilkan oleh Pemuda Kecamatan Pamukan Barat yaitu Sdr.Syarif Hidayat.

Setalah itu ialah Pemaparan Ranwal RKPD Tahun 2025 dari BAPPEDA, yang disampaikan oleh Kepala BAPPEDA Kabupaten Kotabaru yaitu Ibu Ir. RURIEN SRIHARDJANTI, MM. Beliun mengingatkan untuk bumdes yang ada di Kecamatan Pamukan Barat boleh sekali kalo ingin mengelola wisata akan tetapi Wisata tolong dilihat betul betul lokasinya, kalo areanya dekat hutan harus ketuk pintu dulu atau izin dulu diurus dengan benar-benar agar nantinya bumdes yang mengurus desa tidak terkendala dalam operasionalnya serta administrasinya. Diperbatasan nanti bisa diusulkan pusat oleh-oleh untuk membangun bumdes yang ada di Kecamatan Pamukan Barat.

Dilanjutkan Diskusi serta tanya jawab SKPD dan masyarakat yang dimoderatori oleh Sekretaris Kecamatan Bapak Syaifullah, S.Sos.M.IP beliau juga menyampaikan untuk saat ini ada sekitar 130 usulan. Selepas itu acara di tutup secara resmi oleh Sekretaris Kecamatan Pamukan Barat.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *