frame-1-bappeda-5-1

Forum Konsultasi Publik Tahun 2024

Pada hari Selasa, 19 Maret 2024 telah dilaksanakan Forum Konsultasi Publik Tahun 2024 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Kotabaru Tahun 2025 yang dilaksanakan di ruang rapat Lt. 3 Bappeda Kabupaten Kotabaru Perkantoran Sebelimbingan. Acara ini dihadiri oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Kecamatan se-Kabupaten Kotabaru, Kepala Bappeda Provinsi Kalsel, Bandar Udara Gt. Syamsir Alam, Bea Cukai, Bank Kalsel, Bank BNI, Lapas Kab. Kotabaru, Sime Darby Oil, BPN, KSOP KTB-BTL, Kantor Pajak (KP2KP). Acara Forum Konsultasi Publik dibuka oleh Sekretaris Daerah Kab. Kotabaru Bapak Drs. Said Akhmad, MM. Memberi masukan dan arah pembangunan Kabupaten Kotabaru Tahun 2025.

Adapun hasil rapat tersebuat adalah :

  1. Paparan Pertama disampaikan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kotabaru, Ibu Ir. Rurien Srihardjanti, MM.
  2. Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan, Bapak Dr. Ir. Ariadi Noor M.Si, Kalsel sebagai gerbang logistik Kalimantan. Agar jembatan penghubung Pulaulaut-Pulau Kalimantan bisa segera dibangun.
  3. Pimpinan Bank Kalsel, sektor pengembangan UMKM, peningkatan pengembangan UMKM bisa menaikkan kemiskinan dan mendukung stunting. Melaksanakan permodalan untuk UMKM, agar bisa bersinergi dengan Pemkab Kotabaru. Kredit KUR mendapat dana kira-kira 100M pada tahun 2024. Sektor Pariwisata, masukan ketersediaan jaringan internet agar merata di Kabupaten Kotabaru untuk mendukung  sektor perbankan dan sektor lainnya.
  4. Camat Pulaulaut Selatan, bantuan untuk memajukan keterampilan masyarakat kecamatan.
  5. Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, isu strategisnya yaitu, akses, mutu pendidik, prasarana dan sarana. Membangun Sekolah Filial (kelas jauh). Pramasan 2×9 angka putus sekolah tinggi, rencana SMP nya akan dinaikkan statusnya menjadi sekolah negeri pada tahun 2024. Bagaiman komitmen Bappeda Provinsi Kal-Sel untuk Pembangunan SMAN 2 Sampanahan.
  6. Sekretaris Daerah, meningkatkan mutu Pendidikan, prioritas mengangkat guru menjadi P3K. Kab. Kotabaru mempunya potensi  untuk maju karena salah satunya adalah memiliki dermaga untuk laut dalam yang masuk dalam wilayah ALKI 2.
  7. Kepala  Lapas Kab. Kotabaru, kasus narkoba masih banyak, membangun SDM lewat pembinaan di Lapas dengan Kerjasama lintas SKPD, misal dengan Dinas Dikbud, Dinas Sosial dan lainnya.
  8. Sekretaris Dinas Nakertrans, tahun 2024 mendapat bantuan APBN untuk BLK. Keterbatasan dana untuk pelatihan operator alat berat. Lahan bermasalah di lokasi workshop, agar bisa dikoordinasikan agar workshop bisa diperbesar bangunannya untuk kegiatan pelatihan.
  9. BNI, ibu Endah, kredit KUR sampai 100juta tanpa agunan dengan bunga 6% per tahun, yang dilihat adalah usahanya. Menawarkan Kerjasama untuk Bumdes (agen 46), bukan Bumdes juga bisa agar menjadi  mitra BNI.
  10. Kepala Badan Kesbangpol, Ibu Melinda, unsur geopolitik bisa dimasukkan dalam RKPD Tahun 2025. Pembangunan dengan dana koompensasi agar dibuatkan Berita Acaranya.
  11. Kepala Dinas Sosial, Ibu Nurviza, Usaha Ekonomi Produktif, untuk warga kurang mampu yang sudah punya usaha tapi kurang permodalan berupa bansos. Warga tersebut tidak boleh dapat KUR apabila sudah dapat bansos UEP (arahan BPK). Program dari Dinas Sosial diadakan pelatihan untuk anak putus sekolah.
  12. Camat Pamukan Barat, agar di Pamukan Barat  bisa  dilakukan Pembangunan untuk mendukung IKN seperti di Kabupaten Tanjung Tabalong sebagai daerah perbatasan. Agar di kecamatan bisa dibuatkan PPAT untuk pengurusan sertifikat tanah.

                         

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *