rpjpd

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten Kotabaru Tahun 2024 Dalam Rangka Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Kotabaru Tahun 2025 – 2045

Pada hari Selasa, 30 April 2024 telah dilaksanakan acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kotabaru Tahun 2024 Dalam Rangka Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Kotabaru Tahun 2025 – 2045, di ruang rapat Lt.3 Kantor Bappeda Kabupaten Kotabaru Komplek Perkantoran Sebelimbingan. Acara ini dihadiri oleh seluruh Kepala SKPD lingkup Kabupaten Kotabaru atau yang mewakili, seluruh perangkat Kecamatan lingkup Kabupaten Kotabaru, Bappeda Provinsi Kalsel, Bank Kalsel, Bank BNI, Forum Anak Daerah Kab. Kotabaru, Dharmawanita, PGRI, Politeknik, STIT Darul Ulum, STKIP Paris Barantai, Forkopimcam.

Acara dibuka dengan tarian selamat datang yang dipersembahkan oleh Sanggar Cakap Tari yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian laporan panitia penyelenggara yang disampaikan oleh bapak Muhammad Zuhriansyah, S.IP, M.IP. Beliau menyampaikan bahwa acara ini dilaksanakan untuk Memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang RPJPD, RPJMD dan RKPD. Acara ini bertujuan untuk memastikan sinkronisasi dan konsistensi antara perencanaan pembangunan daerah dengan perencanaan nasional dan regional, memfasilitasi partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan, sehingga hasilnya dapat mencerminkan kebutuhan dan aspirasi masyarakat, dan untuk memperkaya proses penyusunan dokumen RPJPD yang menjadi acuan dalam perencanaan pembangunan daerah dalam jangka panjang. Kami harapkan proses pelaksanaan Musrenbang ini dapat dilaksanakan dengan sukses.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Sekretaris Daerah bapak Drs. H. Said Akhmad, MM sekaligus membuka acara secara resmi. Beliau menyampaikan bahwa perumusan RPJPD Kabupaten Kotabaru 2025-2045 ini bukan hanya pembangunan secara fisik melainkan juga merencanakan masa depan generasi mendatang. Sehingga dalam proses ini, setiap suara, ide, partisipasi, harapan dari masyarakat kotabaru penting untuk didengarkan dan diperjuangkan. Beliau mengajak semua pihak agar dapat berpartisipasi secara aktif dan yakin dengan kerjasama dan komitmen dapat membangun Kabupaten Kotabaru menjadi lebih baik untuk kita dan generasi mendatang. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa saat ini Kabupaten Kotabaru menjadi bagian penyangga dari IKN, sehingga musrenbang ini harus betul-betul menyiapkan pembangunan yang mampu menopang kehadiran IKN. Sebagaimana Kabupaten Kotabaru terkenal dengan dengan destinasi wisata sehingga harus bisa memberikan yang terbaik atas hadirnya IKN. Bukan hanya menjadi penonton tetapi menjadi salah satu destinasi tujuan wisata terdepan.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber dari Kepala Bidang P2E Bappeda Provinsi Kalsel bapak Dr. Ir. Ariadi Noor, M.Si., Kepala BPS Kab. Kotabaru bapak Widhi Pranowo, S.ST., Kepala Bappeda Kab. Kotabaru Ir. Rurien Srihardjanti, M.M., yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah bapak Drs. H. Said Akhmad, MM sebagai moderator. Setelah paparan acara pun dilanjutkan dengan tanya jawab dan saran.

Adapun kesimpulan acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kotabaru Tahun 2024 Dalam Rangka Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Kotabaru Tahun 2025 – 2045 adalah :

  1. Kegiatan Musrenbang ini dilakukan untuk menentukan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Tahun 2025-2045 dengan memperhatikan sinkronisasi dan konsistensi antara perencanaan pembangunan daerah dengan perencanaan nasional dan regional untuk pembangunan Kotabaru.
  2. Rencana kegiatan pembangunan oleh Kabupaten Kotabaru juga akan dilakukan sinkronisasi dengan program Provinsi Kalimantan Selatan agar hasilnya jelas dan selaras, serta terlihat pembangunannya.
  3. Usulan yang disampaikan oleh SKPD, Kecamatan, LSM, BUMD, Perusahaan Swasta ataupun pihak lainnya nanti akan dikumpulkan dan dianggarkan sesuai dengan prioritasnya agar tercapai pembangunan yang nyata dan sesuai targetnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *