Salinan dari frame bappeda

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Di Kecamatan Pulau Sebuku Tahun 2024 Dalam Rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Kotabaru 2025

Pada hari selasa tanggal 30 Januari 2024 telah dilaksanakan Musrenbang Kecamatan Pulau Sebuku yang dipimpin oleh Camat Pulau Sebuku dengan peserta rapat dari Perangkat Kecamatan Pulau Sebuku, Perangkat Desa se-Kec. P Sebuku, Forkopimcam, Sekolah se-Kec. P Sebuku, Perusahaan di P Sebuku, Tokoh Masyarakat dan tokoh agama, organisasi wanita, organisasi pemuda, Bappeda, DPUPR, DPRPP, DISKETAN, DISKAN, DISKOPERINDAG, DISKOMINFO, DISPARPORA, DISPERSIP, DISDIKBUD, SETDA.

Rapat dibuka oleh Camat Sebuku dengan pengantar musrencam, salah satunya proyek di 2024 adalah Jembatan Desa Mandin agar desa dapat memfasilitasi dan mengawal pelaksanaan kegiatan. Untuk 2025 diusulkan pengadaan ambulans puskesmas sebuku. Pelaksanaan kegiatan pembangunan baik kabupaten mau pun desa agar taat asas dan tertib laporan. Lomba desa di Sei Bali agar disiapkan dengan baik, juga event pariwisata di Pulau Manti. Pelaksanaan Pemilu 2024 agar berjalan tertib dan aman. Di 2025 ada 153 usulan di 8 desa. PT Silo masih terkendala dalam distribusi produknya, sehingga terpaksa merumahkan karyawannya. Kemudian dilanjutkan oleh Kabid Litbangda Bappeda menyampaikan paparan terkait RKPD 2025, dasar hukum, kondisi geografi, capaian makro kabupaten, permasalahan, isu, prioritas pembangunan.

Perwakilan dari PT Silo juga menyampaikan bahwa akan menyimak pelaksanaan musrencam dan akan melaporkan ke pimpinan. Serta perwakilan dari PT BCS menyampaikan bahwa tidak beroperasi, namun masih menjalankan kewajiban dan CSR belum bisa optimal. Rapat kemudian dilanjutkan dengan diskusi sebagai berikut :

  1. DPUPR, usulan jembatan mandin sudah ada di 2024, beberapa usulan paving blok salah tempat, titian beton sei bali salah tempat, PJU 2024 di Dishub
  2. Disketan, agar usulan dilengkapi dengan nama kelompok dan alamat, juga manfaatkan aplikasi sesuai hasil rapat di paris barantai. Untuk pelaksanaan keg pengadaan di Belambus agar dilengkapi persyaratan.
  3. Diskan, usulan 2025 akan disinkronkan dan akan menjadi bahan perencanaan di 2025
  4. Disdikbud, realisasi 3 paket keg di 2023, rencana 11 keg di 2024, usulan 2025 ada 30 usulan akan ditindaklanjuti sesuai proker di dinas
  5. DPRPP, 2024 bedah rumah di desa rampa, untuk 2025 bedah rumah diprioritaskan untuk stunting, pelaksanaan keg akan ditekankan mengenai status tanah.
  6. Diskoperindag, untuk 2024 ada pembangunan pasar desa rampa, dan pengadaan alat bengkel, untuk 2025 ada 8 usulan agar dilengkapi persyaratan, untuk LHTSE akan dikonfirm ulang. Proker diskoperindag juga menyasar inflasi, stunting, dll. CSR agar dapat lebih berperan.
  7. Setda, 2023 ada 3 keg, LPj dr Desa Sei Bali belum masuk, di 2024 ada 7 rencana hibah diperlukan kelengkapan berkas, untuk 2025 ada 8 usulan agar persyaratan dilengkapi.
  8. DLH, usulan 2025 ada 8 usulan akan ditindaklanjuti di perencanaan 2025,
  9. Disparpora, hanya pembuatan lap futsal sarakaman yg dapat diverifikasi lainnya salah.
  10. Untuk kominfo diharapkan untuk melaksanakan kegiatan penguatan sinyal.
  11. Pembangunan WC dan kelengkapannya untuk perumahan eks kebakaran, diharapkan kejelasan antara PUPR atau Perkimtan. Serta penyelesaian jalan lingkungan.
  12. Puskesmas P Sebuku mengharapkan bantuan ambulan baru serta kelengkapan obat-obatan, serta dokter dan perawat.
  13. Permohonan umum yaitu peningkatan jalan, serta pengaman pantai pada beberapa titik, serta penyediaan air baku untuk mengatasi kekeringan.
  14. SD Belambus, rehab 2 RK dan pembangunan pagar.
  15. Penyuluh Pertanian, pengembangan pertanian terkait lahan yang masih terkendala.

Setelah diskusi acara ditutup oleh pemimpin rapat yaitu Camat Pulau sebuku

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *